Katakan "YA" untuk Maju


RASA tidak percaya diri dan ketakutan untuk memulai sesuatu yang baru menghambat kemajuan Anda. Aktualisasi diri tidak maksimal jika Anda selalu takut mencoba hal-hal baru. Anda harus berani mengatakan "Ya" supaya Anda bisa maju.

Mulailah dengan hal-hal kecil dan sederhana, seperti:

Terima tawaran yang diberikan kepada Anda
Jangan takut mencoba hal baru hanya karena Anda merasa belum mampu atau belum pernah melakukan hal tersebut. Lihatlah seorang aktor atau aktris yang selalu berani berganti peran. Trik jitu, selain melatih kemampuan beradaptasi Anda, pun bisa membantu mengatasi ketakutan Anda terhadap hal-hal baru. Jangan takut mencoba hal baru itu akan memperkaya pengalaman dan wawasan Anda. Semakin banyak pengalaman, semakin banyak pula pelajaran yang bisa Anda petik. Ilmu dan pengalaman merupakan guru yang berharga bukan? Katakan "Ya" pada hal baru itu. Jika tidak, Anda membangun tembok besar di depan langkah Anda.

Untuk orang yang tertutup atau menutup diri, mengatakan "Ya" mungkin merupakan hal yang ekstrim

Aneh. Menakutkan. Itu karena mereka malu dan takut berubah. Mereka takut mencoba hal baru. Jika Anda mengatakan "Ya" pada hal atau tidakan positif, maka "Ya" itu adalah energi besar yang bisa mengubah hidup Anda. Itu mungkin hal baru. Jika tak Anda terima, Anda bisa menyesal. Bukankah tak ada kesempatan kedua yang persis seperti itu? Belajarlah dari pengalaman buruk yang pernah Anda alami. Dari pengalaman buruk itu ada sesuatu yang baik bisa Anda ambil. Misalnya saja, ketika Anda sudah berkata "Ya" untuk sebuah pengalaman baru dan ternyata hasilnya mengecewakan, tidak perlu bersedih dan berkecil hati. Ambil hikmahnya dan berusaha lagi.

Ketika Anda mengatakan "Ya", Anda harus berlaku menjadi orang lain

Orang yang lebih berani. Orang yang lebih percaya diri. Ketika Anda takut melakukan sesuatu anggaplah bahwa Anda adalah orang lain. Orang yang lebih kuat dan berani. Hal ini bisa menumbuhkan kebiasaan lebih berani lagi. Semakin sering Anda melakukan sesuatu, lagi dan lagi, Anda akan meningkatkan kebiasaan Anda. Dari yang tidak pernah menjadi pernah, dari pernah menjadi sering, dan dari sering menjadi biasa. Setiap kali Anda memaksa diri Anda untuk melakukan sesuatu, Anda menekankan diri Anda untuk mengatakan, "Saya bisa melakukannya".

"Apa mungkin Anda berani jika Anda takut bahwa sesuatu itu akan gagal?"

Pertanyaan ini adalah support. Mungkin Anda akan mengatakan "Tidak". Tapi sebaliknya berhentilah mengatakan "Tidak".


Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatakan "Ya":

Mulailah dari hal-hal kecil
Sebagian orang takut menelepon orang lain atau memulai percakapan. Bahkan ada juga yang malu berbicara dengan orang asing, malas bertanya kepada pelayan di toko, tidak mau bertanya pada orang di jalan jika tersesat, dan lain-lain. Kalau Anda ingin jalan Anda terbuka, langkah Anda lebih ringan Anda harus bisa bertanya. Anda harus berani bertanya.

Cobalah hal-hal baru setiap minggu
Tidak perlu hal besar untuk bisa menjadi besar. Terkadang, hal kecil justru bisa menciptakan sesuatu yang besar. Pelajarilah ketrampilan-ketrampilan baru setiap minggu sebelum Anda berniat mengatakan "Tidak".

Latihan pola pikir Anda
Ketika ketakutan menyerang Anda, tanyalah diri Anda. Mengapa Anda harus takut untuk melakukan itu? Lalu biarkan pikiran buruk itu berlalu. Ketika Anda ditantang melakukan sesuatu yang sebenarnya akan Anda jawab "Tidak", berpikirlah sejenak. Apakah Anda takut pada hal kecil seperti ini? Jawaban "Ya" dan hidup Anda akan berubah.

Kegagalan dan kesalahan bukan akhir dari segalanya

Yakinlah bahwa jika Anda melakukan kesalahan karena sesuatu yang baru lantas Anda belajar dari kesalahan itu, Anda akan menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya. Kagagalan dan kesalahan bukanlah akhir, melainkan awal untuk menjadi seseorang yang lebih tahu dan berpengalaman.