Beteeeeeeee.................

Kita semua pasti pernah mengalami – dijalan ketemu orang yang mengklakson mobilnya nggak karuan, padahal tidak ada apa-apa, ketemu kasir atau costumer service yang jutek abis, rekan kerja yang nggak ada lain ceritanya selain complain melulu.

Biasanya setelah ketemu kejadian yang seperti ini mood jadi hilang, bawaannya hari itu bete aja,

Sebenarnya hal-hal seperti ini seharusnya tidak mempengaruhi atau merusak mood kita..solusinya adalah selain mencoba dengan keras untuk tetap baik dan bersabar adalah dengan mencoba benar-benar menerima kejadian atau orang tersebut sepenuhnya.

Pelajari situasi yang negatif itu dan bagaimana reaksi kita, terganggu, sedikit kesal, marah atau jadi frustasi??

  1. Tarik nafas panjang dan jangan berada pada reaksi pertama terlalu lama, Anda mungkin tidak bisa menghindari emosi anda secara insting. Tetapi segera keluar dari situ karena jika anda terlalu lama emosi tersebut akan bertambah besar dan akan sulit untuk melakukan langkah selanjutnya.
  2. Memahami bahwa orang dibalik kejadian tersebut adalah juga manusia seperti anda. Dan sama seperti dia kita juga pasti pernah menjadi sebab kekesalan orang lain, kita semua pernah mengalami hari yang buruk dan bersikap sangat tidak menyenangkan.
  3. Beri sebuah cerita atau alasan, ceritanya bisa lucu aneh ataupun bersimpati. Mobil anda diserempet atau dipotong mobil lain? Mungkin pengemudinya lagi diare. Ketemu kasir yang jutek ? Mungkin baru diputusin pacarnya, kontrakannya sudah habis dia belum bisa bayar dan sudah tiga hari kerja nonstop ditambah overtime. Alasan-alasan ini mungkin bukan pemicu sebenarnya dari tindakan mereka, tetapi intinya kita tidak pernah tahu apa yang terjadi pada kehidupan orang lain. ** Langkah keempat ini sebenarnya tidak terlalu penting tetapi saya merasa hal ini sangat membantu mengalihkan perhatian dari emosi awal
  4. Sabar dan tetap baik, bagaimanapun cerita dibalik tindakan yang negative tersebut. Rekan kerja mengeluh dan kasar ke semua orang coba bawakan dia coklat atau kue. Intinya adalah anda tidak reaktif terhadap yang negative, tidak membalas negatif dengan negatif hingga anda tetap bisa menjaga mood anda bagaimanapun situasi yang anda alami, hari anda akan selalu menyenangkan.