Bos Rese.................!!!!!

Mendengar keluhan dari teman "Bos gue nggak fair banget, masa klien udah dikasih ke gue pas udah mau deal diambil lagi. jadi ilang deh tu komisi"

Ada juga yang curhat, “ Kalo kerjaan beres aja diaku-aku, begitu ada masalah langsung aja nunjuk ke gue”.
Banyak lagi komentar tentang bos yang nggak fair, nyebelin atau “rese” Ada 10 tips menghadapi jenis bos yang seperti ini:

1.Tetap Positif. Mudah sekali ketika berhadapan dengan pengaruh negatif yang buruk dari boss dan membalas dengan sikap negatif juga. Hal ini akan membuat pekerjaan Anda bahkan tambah tidak menyenangkan. Jangan biarkan orang lain mempengaruhi suasana hati Anda, tetap positif dan sikap apapun dari bos akan menjadi, paling tidak lebih mudah untuk ditangani.

2.Menyadari bahwa ada masalah dan diskusikan dengan orang yang dekat dengan anda teman ataupun keluarga. Lebih mudah memang untuk menyimpan masalah sendiri tapi ini bisa berakibat buruk buat anda secara pribadi. Jika Anda diperlakukan tidak adil dan mengalami kesulitan di tempat kerja, Anda perlu berbagi dengan teman atau keluarga dekat, tidak ada lebih baik dan bersifat terapi daripada sharing. keluarga atau teman dekat dapat mendukung serta membantu Anda melalui hari yang paling sulit di tempat kerja.

3.Diskusikan dengan tenang lebih baik daripada melawan. Jika bos anda memberikan beberapa kritikan yang tidak perlu atau bahkan tidak adil kecenderungannya adalah mudah bagi anda menjadikan hal ini debat kusir. Kadang-kadang konfrontasi seperti ini merupakan cerminan pribadi yang buruk (insecurity) dari bos anda. Anda lebih baik menghindari perdebatan seperti ini terutama hal siapa yang benar atau salah dan langsung membahas penyelesaian/solusi dari masalah dengan sikap tenang.

4.Buat waktu cuti/tidak aktif (dari tempat kerja) jika hal ini mulai mempengaruhi kesehatan Anda. Kadang-kadang orang mudah lupa bahwa kesehatan jiwa sama pentingnya dengan kesehatan fisik Anda.
Terlalu banyak orang melalui perjuangan stres dan kegelisahan dan akhirnya menjadi depresi .
Jika Anda merasa tertekan sebagai akibat dari perlakuan tidak adil di tempat kerja, luangkan waktu untuk tidak aktif.. Sama seperti yang akan Anda lakukan jika Anda sakit secara fisik (demam,flu, dll) jika sikap bos anda mulai berdampak terhadap kesehatan jiwa anda ambil jarak(cuti/time off).

5.Hindari melapor atau mengadu ke Bos-nya Boss. Kemungkinan besar mereka akan mendukung atasan Anda dan ini bisa menyebabkan masalah lebih besar lagi. Adalah jauh lebih produktif untuk membangun networking dengan senior di perusahaan Anda, tetapi diluar rantai komando (beda department/divisi). Mereka biasanya akan lebih obyektif dan tentunya akan menambah nilai anda dimata perusahaan .

6.Jika mereka menyerang Anda secara tidak rasional, minta mereka untuk menjelaskan kembali . Jika seseorang yang tidak adil atau berlaku secara tidak rasional cara terbaik untuk berurusan dengan mereka adalah untuk meminta mereka untuk menjelaskan kembali dengan tenang. Ini bisa membantu mereka memahami kekurangan dalam argumen mereka atau mungkin mendapat pemahaman tentang sudut pandang anda.

8.Berbicara dengan teman dan rekan di tempat kerja. Cobalah untuk mengetahui apakah mereka menerima perlakuan yang sama dan apakah mereka setuju bahwa itu tidak adil. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah hal ini berlaku kepada anda secara khusus atau bos berlaku tidak adil kepada semua orang.

9.Meninggalkan masalah pekerjaan di tempat kerja. Satu saran yang penting untuk diikuti. Ingat bos anda hanya membayar waktu bekerja anda. Mereka tidak memiliki control dan hak atas waktu senggang Anda, oleh karena itu, Begitu anda keluar kantor tinggalkan semua masalah yang berkaitan dengan pekerjaan disana dan tidak membawa keluar atau bahkan pulang ke rumah Anda.

10.Cari pendapatan kedua – tiga dst. Sebisa mungkin jangan bertumpu pada 1 pendapatan (income), karena akan menyebabkan stress level di pekerjaan itu menjadi tinggi (kekhawatiran pada setiap tindakan karena takut dipecat, takut nggak naik jabatan, takut dipotong gaji, takut nggak dapat bonus dll).