Apakah anda teman yang baik ?

Persahabatan adalah selamanya ... jangan merusaknya dengan hal-hal kecil. Ikuti tips untuk membangun sebuah ikatan yang lebih kuat di antara teman-teman Anda.

Bersyukur.
Pertama dan paling penting, adalah bersyukur akan keberadaan teman-teman Anda. Jangan sampai anda tidak menghargai keberadaan mereka atau bahkan menyepelekannya dan sesekali ingatkan mereka bahwa anda menghargainya. Lakukan dengan cara mengajak makan siang atau hanya sekedar email atau sms yang mengatakan thank you.

Mendengarkan.
Menjadi pendengar yang baik walau kadang ceritanya tidak masuk akal. Jangan menghabiskan waktu satu jam berbicara tentang masalah anda, Anda bukan satu-satunya yang punya masalah. Jika anda memiliki sesuatu yang besar untuk dikatakan, lakukan tapi kemudian tanya bagaimana keadaan mereka dan jangan menyela.

Jangan menghakimi.
Memang sulit ketika ketika anda pikir mengenal teman anda dan kemudian mereka tiba-tiba berubah atau mengetakan satu hal yang mengejutkan anda . Sangat mudah untuk segera mengambil kesimpulan dan menghakimi. Tapi tunggu dulu, anda tentu tidak suka dan tidak mau dihakimi orang lain yang belum tentu tahu permasalahannya. Ketahui dulu seluruh permasalahannya secara utuh dan coba untuk mengerti. Teman anda akan sangat menghargai dukungan anda.

Jangan Berbohong.
Hal ini mungkin kelihatan sepele dan semua orang tahu itu tetapi hanya sedikit orang yang melakukannya.Jika anda takut untuk menyakiti perasaannya, akan lebih menyakitkan jika mereka mendengar dari orang lain. Pada akhirnya mereka akan mengetahui bahwa Anda berbohong.

Memaafkan.
Kita semua membuat kesalahan, hal inilah yang membuat kita manusia. Dan dengan kesalahan kita belajar. Jika Anda terluka oleh teman anda , ambil waktu sejenak dan marah, tetapi pada akhirnya anda harus melepaskannya. Mempunyai dendam tidak akan pernah bermanfaat bagi siapapun. Mencoba lebih memahami terutama jika jelas kelihatan bahwa teman anda benar-benar menyesal.

Jarak
Jarak tidak membuat hubungan makin dekat. Mungkin dalam jangka pendek adanya jarak akan membuat perasaan kangen. Namun lain halnya jika tidak bertemu atau bahkan sekedar berbicara untuk waktu lama, karena anda tiba-tiba dapat pacar ataupun karena benar-benar sibuk.Karena walaupun anda benar-benar sibuk, bukanlah alasan untuk tidak sekedar kontak apalagi sampai waktu yang lama.Buat waktu untuk kontak pada waktu istirahat, jadwalkan jauh-jauh hari waktu untuk bergaul.

Nikmatilah
Mencari tempat baru dan kegiatan bersama. Mengambil kelas atau pergi ke tempat baru untuk akhir pekan. Belajar untuk melakukan sesuatu. Tertawa dan bersenang-senang!