Perlunya DETOX !!! (part 2)

banyak sekali teori-teori dan pendapat para ahli mengenai body detox. beberapa metode yang populer melakukan perubahan pola makan (diet). Metode yang lain fokus pada herbal supplement, atau berbagai macam jenis puasa, sementara lainnya mengunakan alat-alat khusus (seperti body wraps and salt scrubs).Namun banyak dari detox suporter percaya bahwa perubahan gaya hidup dan perbaikan dari kebiasaan sehari-hari adalah satu-satunya cara untuk benar-benar mendetoksifikasi tubuh dan menjaga kesehatan.
Perubahan pada pola makan merupakan cara yang efektif untuk detox. Pengaturan diet biasanya tertuju untuk membantu membersihkan usus, dengan makanan yang tinggi serat akan menghilangkan zat-zat toxin dari produk tepung/gula putih, garam, zat pengawet dan zat-zat tambahan lainnya.

Program diet ini biasanya terdiri utamanya dari buah-buahan dan sayuran, whole grain dan daging (lean meat).

program puasa dengan jus buah atau air juga populer untuk program detox dirumah. Balut tubuh (body wraps) tidak bisa dengan mudah dilakukan dirumah sendiri, tetapi tetap bisa dengan mengunakan tempelan (patch) yang bisa dibeli di toko obat.
Makin banyaknya produsen yang terjun ke area ini hingga banyak pula sistem detox yang dapat dilakukan sendiri seperti tempelan (patch), garam (salt scrub), model sauna dll.

Latihan rutin harus menjadi bagian penting hidup anda setiap saat, karena dapat membantu Anda untuk menghilangkan toxins dari badan Anda. Berkeringat adalah salah satu cara alami tubuh melepaskan toxins. Selain itu, sebagai bagian dari program Detox, Anda harus menahan diri dari minum alkohol, menggunakan tembakau atau obat-obatan non-resep, dan bahkan batasi dari asupan kafein.

Siapapun yang mempertimbangkan program ini disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai. Perempuan yang hamil atau atau dalam masa perawatan harus menghindari Detox program, dengan tetap diet sehat dan latihanteratur. Beberapa program Detox juga telah mempertimbangkan apa beberapa efek samping negatif, seperti bau nafas yang tidak enak, jerawat, gatal, urine gelap, sakit kepala, dan berbagai kekhawatiran atau masalah emosional. Namun efek samping tersebut berkaitan dengan pelepasan toxins dari badan Anda. Minum air dalam jumlah yang cukup selama Detox program ini dapat membantu meringankan beberapa efek samping.