Resolusi Tahun Baru

Resolusi tahun baru bisa bikin gregetan atau bisa bikin senang, cukup banyak yang buat resolusi tapi nggak terlalu banyak yang bener2 komitmen sama resolusinya.
Beberapa langkah supaya bisa memenuhi resolusi tahun baru

1.buat sangat spesifik, kalo bikin resolusi jangan nggak jelas/setengah2 contoh “mau turun berat badan” atau cuma tulis “mau tambah penghasilan “ dll. Resolusi yang bagus bukan cuma jelas/terinci tapi juga realistis dan terukur mis: berat 80 kg tahun depan mau kurang 10 kg (12.5% /tahun cukup realistis) jadi perbulan 0.5-1,5 kg (bisa diukur)

2.Seimbangkan resolusi dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Buat resolusi di beberapa bidang kehidupan anda dengan variasi tingkat kesulitan . misalkan buat 5 resolusi dengan 1 tinggi (tingkat kesulitan pencapaian- contoh karir naik jadi kepala divisi) 1 sedang dan lainnya ringan dan sangat ringan ( contoh personal bangun lebih awal 30 menit).

3.Taruh daftar resolusi di tempat yang sering terlihat sebagai pengingat dan juga penyemangat. Ini akan membuat orang yang melihat daftar dapat memberi support buat anda (terutama teman/ org yg care dengan anda, tukang kritik/nyela yg seneng ngeliat org susah sebaiknya dijauhi/dikurangi ngempesin semangat aja)

4.Cari temen barengan/ partner. Enak banget kalo bisa dapet temen/saudara yg punya resolusi sama ex: sama2 mo bisa bahasa perancis, turun berat badan ato sama2 mo kumpulin duit buat liburan ke pulau.

5.Ambil tindakan segera, jangan ditunda , ntar aja gabung ke gym-nya bulan mei ato alasan belon ketemu barengannya ntar aja kalo ada temennya, ntar, ntar n ntar akhirnya nggak jadi, lakukan segera/sekarang.

6.Latihlah tindakan yang mendukung resolusi, mo turun berat badan jangan jalan2nya ke restoran ato malah ke resto yg junkfood n belanja ice cream n snack2.tapi ganti dengan tindakan yg mendukung resolusi spt hobby berenang/mail bola.

7.jangan lupa hargai setiap pencapaian. Dari mo turun 8kg(/tahun) dalam 2 bln sudah turun 2kg reward beli gadget kesukaan ato lainnya. Pencapaian2 kecil terutama langkah2 awal jangan terlewatkan krn biasanya itulah langkah yg paling berat dan langkah selanjutnya akan lebih mudah.