Kiat Memilih bisnis MLM

Mencari perusahaan MLM yang tepat untuk kerjasama adalah keputusan bisnis penting anda. Jadi bagaimana anda tahu jika Anda membuat pilihan yang bagus? Ikuti panduan dan anda akan melangkah lebih pasti.
Hal yang anda perlukan dalam MLM
- etika kerja (work ethic) yang bagus
- keinginan untuk sukses

Orang-orang yang pernah punya pengalaman dengan perusahaan MLM mengetahui persamaan klaim dalam perusahaan2an MLM tsb, yaitu semuanya mempunyai "produk yang terbaik" dan "terjual sendiri atau mudah terjual".
Masalahnya adalah tidak semua produk itu terbaik dan hanya beberapa yang terjual dengan sendirinya. Kunci dari menjual kepada siapa saja adalah mengetahui dan menangkap kebutuhan yang ada.

Sehingga langkah pertama dalam memilih suatu MLM adalah menemukan produk yang merupakan jawaban terhadap kebutuhan masyarakat sudah ada. bukannya menciptakan pasar (karena hal ini akan sangat membutuhkan waktu tenaga dan biaya yang tidak sedikit, kecuali mungkin produk tsb buatan pabrik anda sendiri).

Langkah berikutnya adalah untuk menemukan sebuah perusahaan dengan segala sumber daya yang diperlukan untuk mendukung anda menjalankan bisnis.
Beberapa alasan orang jadi kecewa oleh jaringan pemasaran ini adalah:
- Terjebak pada perusahaan yang tidak legal
cepatnya pertumbuhan bisnis MLM menarik oknum2 yg ingin mengeruk untung dengan cepat dan cara yang salah dengan berkedok MLM.
Untuk menentukan legalitas MLM itu bisa dicek di departemen perdagangan (http://www.depdag.go.id), untuk list perusahaan (PT) yang punya ijin usaha penjualan langsung (sampai tahun 2008 ada sekitar 150 perusahaan), lebih baik lagi apabila terdaftar sebagai anggota APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia- sekitar 50 perusahaan yang terdaftar).
- Sistem dan support perusahaan yang tidak mendukung
Adanya perusahaan2an yang tidak mampu mensuport aktivitas member (kecenderungan perusahaan baru) baik dalam lonjakan omzet, ataupun sistem adminstrasinya.
- Cara kerja yang tidak etis dari para membernya.

Langkah terakhir adalah memilih sesuatu yang menyenangkan. Sebuah perusahaan yang produknya anda percaya dan suka. Akan lebih mudah untuk menjual produk yang anda sendiri menggunakannya.

Jangan membeli produk yang anda sendiri tidak suka sehingga orang lainpun kemungkinan juga tidak suka membelinya.
Pastikan kulaitas dari produk anda, sehingga anda dengan mudah dapat mempromosikannya dan orang akan suka membeli, dan akan kembali lagi.

Sekali lagi, di sini adalah langkah-langkah:
1. Menemukan produk yang memenuhi kebutuhan masyarakat sudah ada.
2. Menemukan sebuah perusahaan yang bonafid
3. Memilih produk Anda percaya dan nikmatilah prosesnya.